Radarcybernusantara. Id | Pertamina menggelar sosialisasi Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2025 dengan tema “Energizing Indonesia” di Novotel Palembang Senin (11/8), yang secara khusus ditujukan untuk teritorial Sumatra Bagian Selatan. Acara ini bertujuan untuk mengajak insan pers mengangkat informasi tentang upaya Pertamina mendukung swasembada dan ketahanan energi nasional, serta manfaat dan dampak keberadaan Pertamina bagi masyarakat dan negara.
Tema “Energizing Indonesia” mendorong pemberitaan tentang Pertamina sebagai perusahaan berkelanjutan, termasuk pemimpin transisi energi dan pengembangan inovasi teknologi energi hijau.
Pilar publikasi AJP 2025 meliputi:
– Swasembada Energi : Publikasi tentang upaya Pertamina mendukung swasembada energi dan ketahanan energi nasional.
– Energi Hijau : Publikasi tentang energi hijau, termasuk geothermal, EBT, carbon trading, dan inovasi teknologi yang mendorong ekosistem hijau.
– Bisnis Berkelanjutan : Publikasi tentang Pertamina sebagai perusahaan berkelanjutan, termasuk pemimpin dalam transisi energi dan inovasi untuk mencapai dekarbonisasi.
– Energi Masyarakat : Publikasi tentang manfaat dan dampak keberadaan Pertamina bagi masyarakat dan negara, termasuk program CSR dan pemberdayaan masyarakat.
Acara sosialisasi AJP 2025 dihadiri oleh beberapa perwakilan dari PT Pertamina, antara lain:
Fadjar Djoko Santoso – VP Corporate Communication Pertamina Persero (secara virtual), Rika Gresia – Manager Corporate Communication PNRE, Fadilla (Manager Officer PT Pertamina), Rezal Luffan (Junior Officer PGE Area Ulu Belu Tanggamus), Meriyansyah (PT Kilang Pertamina Internasional RU III Plaju), Lita (Pertamina NRE), Heru Heriyanto (Pertamina Patra Niaga), Maulidiya Pratiwi (PGE Area Lumut Balai), Perwakilan dari Pertamina Gas Negara dan Pertamina Hulu Energi.
PGE Ulu Belu turut hadir dalam acara ini, serta tiga media partner, yaitu Radarcybernusantara.id, Lampung Post, dan Antara News Lampung. Ratusan jurnalis dari berbagai media di wilayah Sumatra Bagian Selatan juga hadir dalam acara ini.
AJP 2025 memiliki dua kategori, yaitu Bisnis dan Non-Bisnis, dengan beberapa sub-kategori, seperti karya tulis Cetak/Online, TV, radio, dan essay foto. Karya jurnalistik yang dapat diikutsertakan harus memenuhi kriteria, seperti:
– Mengandung informasi bermanfaat
– Proporsional
– Mengedukasi publik
– Berdasarkan pada keakuratan data dan fakta.
Dengan sosialisasi ini, Pertamina berharap dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya jurnalisme berkelanjutan dalam mendukung transisi energi dan pengembangan energi hijau di Indonesia, khususnya di teritorial Sumatra Bagian Selatan. |RBL